We Can't Change The Direction Of The Wind, But We Can Adjust Our Sails To Always Reach Our Destination

Sunday 5 February 2017

Pesan Moral yang Terkandung Pada Komik Naruto

Komik Naruto adalah sebuah buku cerita anime yang memiliki pemeran utama sebagai Uzumaki Naruto. Memiliki karakter periang, semangat, tidak pernah mau putus asa. Ambisinya dalam menggapai cita-cita yang diinginkan membuat dirinya tidak pernah mau mundur sekalipun fisiknya tidak dalam keadaan lelah, tetapi tingkat maksimalnya tekad, membuat karakter ini memberikan pesan moral kepada pembaca agar selalu semangat dalam sesuatu hal, tanpa harus berfikir mundur, jalan pasti selalu ada untuk menggapainya walaupun terlihat sulit.
  • Cerita singkat Naruto
Mashashi Kishimoto seorang penulis yang memiliki tingkat imajinasi luar biasa, memiliki pesan moral dari setiap ceritanya. Komik ini pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha kurang lebih pada tahun 1999-an. Kalau di Indonesia, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Komik ini menceritakan seseorang yang dimasukkan “bijuu” atau dalam bahasa Indonesia adalah monster berekor sembilan. Dalam cerita ini penggabungan bijuu kedalam tubuh manusia yang disebut juga sebagai jinchuriki, ternyata anak dari seorang kesatria ketua dari daerah Konoha, namanya Minato Namikaze yang waktu di masa nya ia seorang hokage ke-4.
Anak jinchuriki ini bernama Uzumaki Naruto, yang sejak kecilnya anak tersebut disisihkan banyak orang karena didalam tubuhnya terdapat bijuu ekor sembilan. Tetapi Naruto memiliki karakter yang kuat, tidak pantang menyerah melihat kehidupan sehari-hari nya dikucilkan banyak orang. Sudut pandang Naruto malah sebaliknya kepada semua masyarakat, ingin melindungi mereka dan membuktikan bahwa dia adalah orang yang berguna untuk daerah Konoha. Dari kisah cerita, waktu demi waktu, perjuangan yang benar-benar menghabiskan tenaga untuk terus belajar dan berpetualang. Pada akhirnya Naruto bisa membuktikan bahwa dia bisa bermanfaat untuk daerah tercintanya.
  • Pesan moral cerita Naruto
komik Naruto ini, memiliki nilai yang bisa kita ambil untuk kehidupan sehari-hari kita. Karena pada dasarnya manusia memiliki kemampuan yang sama seperti kisah komik tersebut. Tetapi tinggal bagaimana manusia itu sendiri berusaha sampai titik maksimal sebagai manusia sempurna. Berikut beberapa pesan moral yang bisa kita petik:
  • Rasa semangat yang tinggi, melebihi perasaan buruk terhadap seseorang.
  • Tidak pernah mau melihat keburukan orang lain, tetapi terus selalu menyayangi dan merangkul agar orang tersebut bisa berbuat hal yang sama, yaitu saling berbuat baik terhadap semua manusia.
  • Kedamaian timbul jika kita semua saling merangkul dan memaklumi setiap orang, asalkan orang tersebut tidak menimbulkan kerusakan yang mengakibatkan penderitaan banyak orang.
  • Berusaha dengan tekad yang kuat, dan niat yang tulus, maka cita-cita akan tercapai.
  • Memaksimalkan kemampuan tubuh tanpa ada beban apapun, sampai benar-benar menghabiskan tenaga sekalipun untuk bisa bermanfaat bagi umat.
Seperti itulah beberapa pesan moral yang terkandung pada komik Naruto. Semoga ulasan di atas dapat memberikan manfaat untuk Anda.